link shortener rekomended bangga buatan indonesia

Halo semuanya, lama tak berjumpa di blog ini, kali ini saya ngga akan menulis serius-serius, disini saya cuma mau membagikan info aja untuk kita yang sering sharing2 link (entah link pemersatu bangsa atau urusan kerjaan, organisasi, kuliah, sekolah, dll) intinya sering kan kita males karena linknya ribet apalagi diikuti kode2/huruf/atau teks ga jelas yang kadang bisa aja kelewat 1 huruf ato angka aja kadang error (misal google drive, dll).

nah untuk mengantisipasi hal tersebut hadirlah fitur link shortener alias pemerpendek tautan kalau diindonesiakan. haha. Nah, disini aku mau ngasih tau beberapa link shortener yang biasa aku pakai yang tentunya gratiss (ya dong pokoknya kl ada yg gratis kenapa harus bayar hahaha). Cekidot gan! :cendol :cendol [cmn anak ̶t̶u̶a̶  kaskus yg paham].

  1. S.ID (https://home.s.id/)
  2. DIK.SI (https://dik.si/dashboard)
  3. INTIP.IN (https://intip.in)
  4. UGM.ID (http://ugm.id/admin)

Itu dia teman-teman 4 (empat) link shortener yang biasa aku pakai dan ini semua asli buatan indonesia, yang s.id itu bahkan mengklaim sebagai the most short link shortener in the world. Oiya kalau kalian mau custom shortlink (misal s.id/obatkuatampuh) bisa juga tapi harus register dulu ya gaes kaya di s.id atau dik.si, kalau di intip.in seingatku bisa tanpa sign up. Menariknya adalah kalau kalian register bisa melihat stats dari shortlink kalian itu tadi, ini fitur cukup penting ya karena bisa menjadi bahan analisa berapa yang sudah mengakses berapa yang mengklik, dst. Seperti di bawah ini:

Khusus nomor 4 itu untuk civitas akademika UGM aja sih, jadinya kalau mau pakai harus masuk pakai SSO akun UGM. Tapi itu pun terbatas hanya akun tertentu (padahal dulu sebenarnya smua akun UGM bisa dipake bahkan akun email mahasiswa bahkan email alumni).

Itu aja info menarik dari saya, silahkan dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan secara tanggung jawab yak.  Yuk bangga, dan gunakan produk buatan indonesia, sukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia (Gernas BBI). *tolong Pak Luhut saya di endorse Pak karena udah ikut promosi*.

Sekian wassalam.

Tinggalkan Balasan